Mobile Logo
  • Beyonds
Candi Boyolangu/Candi Gayatri
Candi Boyolangu/Candi Gayatri

Masyarakat lebih mengenalnya sebagai Candi Gayatri krtimbang Candi Boyolangu. Candi ini merupakan reruntuhan candi Hindu yang berada ditengah pemukiman penduduk.
Pada bagian tanggan batu Candi ini terdapat tulisan angka 1289 dan 1291 caka atau (1367&1369 M) yang kemungkinan dipakai untuk menandai tahun pembuatan Candi ini, yaitu pada zaman kerajaan Majapahit.

Candi ini merupakan makam Gayatri yang juga bergelar Sri Rajapatni, istri keempat Raja Majapahit yang pertama, Raden Wijaya dan merupakan ibu dari ratu Majapahit ketiga, Sri Gitaraja.

Bangunan Candi induk hanya tingal kaki candinya dan terdiri dari dua tingkat. Bentuk bangunan bujur sangkar dengan panjang dan lebar 11,40 m dengan sisa ketinggian kurang lebih 2,30 m. Diatas candi induk terdapat arca Dhyani Buddha Wairocana dengan sikap Dharmacakramuda.

Bagian kepala dan tangan kiri serta telapak tangan kanan dari arca ini telah putus, namun kehalusan pahatannya masih dapat dirasakan. Arca tersebut merupakan perwujudan dari Gayatri, salah satu anak dari Kertanegara, raja terakhir Singosari. Pada masa hidupnya, Gayatri terkenal sebagai pendeta wanita buddha (Bhiksumi) kerajaan Majapahit dengan gelar Rajadmi Dari sinilah, masyarakat sekitar menyebut Candi Boyolangu dengan sebutan Candi Gayatri.

sumber gambar: travellers2009

Candi Boyolangu/Candi Gayatri

Address : Dusun Dadapan, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung
Telephone : n/a
Email : n/a
0 comments
See what other people say about this article.
Name*:
Email*:
Website:
Comment*: