Mobile Logo
  • Sightseeing
Alun Alun Kota Batu
Alun Alun Kota Batu

Hal pertama yang orang pikirkan ketika mendengar kata ‘pusat kota’ adalah Alun-Alun. Bagi sebuah kota, alun-alun merupakan jantung dimana segala aktifitas kota berlangsung. Alun-alun sejak dulu telah dipergunakan sebagai tempat berkumpulnya warga kota untuk menikmati event, hiburan bahkan rapat dan prosesi tradisi sebuah daerah. Karena fungsinya sebagai tempat diadakannya acara hiburan, most of the cities in this whole wide world mendesain alun-alunnya sehijau, sesederhana mungkin, dan hanya akan dihias ketika sebuah kegiatan akan dilaksanakan. Tampilan alun-alun yang ‘ala kadarnya’ kerap membuat eksistensinya terabaikan hingga tak jarang sebuah alun-alun kehilangan fungsi sebagai tempat berkumpulnya warga kota untuk bersenang-senang bersama, sehingga terlihat sepi, lengang, gelap dan lusuh sebab tak terawat lagi. Dengan pola pikir semacam ini, sebagai penggerak roda perkembangan sebuah kota, pemerintah Kota Wisata Batu merenovasi alun-alun Kota Batu secara besar-besaran di akhir tahun 2010. Alun-alun Kota Batu tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Dalam penampilan terbarunya, ia kini berubah menjadi alun-alun berkesan taman wisata sekaligus pasar malam yang menarik perhatian warga Kota Batu bahkan warga luar daerah.

                Tak seperti kebanyakan alun-alun di kota lain yang didominasi pepohonan besar, alun-alun Kota Batu adalah alun-alun bebas rokok yang memiliki banyak kursi untuk tempat duduk masyarakat, beberapa kolam air mancur, smoking area, lampion, taman bermain anak-anak, ferris wheel atau bianglala untuk melihat pemandangan kota dari atas, dan patung-patung besar berbagai macam bentuk. Pada umumnya alun-alun memiliki satu air mancur, namun Kota Batu memiliki beberapa air mancur yang bahkan salah satunya merupakan air mancur yang memang diperuntukkan bagi anak-anak untuk bermain air dan berbasah-basahan. Satu air mancur besar terletak di tengah dengan sorot lampu warna-warni yang sangat indah. Salah satu hal yang menarik mata masyarakat adalah bianglala besar yang ada di sudut Barat alun-alun. Hanya dengan membayar Rp3.000,- Anda dapat menikmati indahnya Kota Batu. Saya sendiri tidak dapat memperkirakan berapa tingginya, yang jelas dari jarak amat jauhpun, bianglala masih dapat terlihat wujudnya oleh mata. Siapapun dapat menemukan alun-alun dengan mudah hanya dengan memperhatikan bianglala tersebut.

                Hal lain yang unik dari alun-alun Kota Batu adalah buah-buah raksasa. Everybody could tell there will be a very huge apple for it is the icon of Kota Batu. Sekilas apel raksasa ini Nampak seperti patung icon biasa. Akan tetapi jika Anda berjalan mendekat Anda akan melihat dua pintu dengan lambang manusia berbeda gender di masing-masing pintu. Yes, an apple-ic restroom. Apel raksasa ini berfungsi ganda sebagai icon sekaligus toilet. Di samping buah apel, terdapat strawberry raksasa yang digunakan sebagai ruang informasi, tempat dimana segala informasi di Kota Batu diudarakan dan musik-musik hits digaungkan di seantero alun-alun.

                Kemenarikan Kota Batu tak berhenti pada tiga hal tersebut. Warna-warni lampion berbagai wujud adalah highlight bagi wisatawan untuk berkunjung ke alun-alun Kota Batu. Setiap hari pengunjung yang datang mencapai seribu orang, dan melebihi lima ribu orang di hari libur. Yang dilakukan oleh pengunjung sebanyak itu tak lain dan tak bukan adalah untuk berfoto dengan lampion-lampion lucu sambil bersantai menikmati udara sejuk dan bersih Kota Batu.

                Alun-alun Kota Batu is one of the downtown worth to visit at least once in a lifetime. Imagining it won’t be enough. Shake a leg and hit the town!

Alun Alun Kota Batu

Address : Jl Gajah Mada
Telephone : n/a
Email : n/a
0 comments
See what other people say about this article.
Name*:
Email*:
Website:
Comment*: