Mobile Logo
  • Sightseeing
Tugu Malang
Tugu Malang

Kota Malang adalah sebuah kota yang tergolong besar di Jawa Timur. Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak dan pemukiman yang semakin padat tidak membuat Kota Malang kehilangan udara sejuk dan suasana tenangnya. Hal ini disebabkan karena banyaknya pepohonan dan taman-taman. Banyak orang berpikir pepohonan dan taman di kota-kota besar hanya banyak ditemui di pinggiran kota. It’s a big no no for Malang. Jika berkunjung ke Kota Malang, Anda akan menjumpai banyak sekali pepohonan besar dan taman, bahkan di pusat kota. Salah satu taman yang ada di pusat kota adalah Taman Tugu atau Alun-Alun Bunder.

Taman Tugu Malang merupakan salah satu taman yang terletak di pusat Kota Malang dengan ciri khas adanya sebuah tugu yang berdiri kokoh di tengah kolam berhia teratai. Tak hanya indah, taman satu ini juga menyimpan kisah sejarah tersendiri. Tugu yang tegak menjulang di tengah kolam bukanlah tugu yang sengaja dibuat untuk menghiasi taman di sekelilingnya. Tugu ini merupakan Tugu Kemerdekaan.

                Dulunya, pada zaman kompeni Belanda, taman tugu memang sudah dibuat bahkan sebelum tugunya berdiri. Taman ini dulu disebut Taman Gubernur Jenderal Hindia Belanda J.P Zoen Coen, karena pada saat itu, taman ini dibuat sebagai pelengkap gedung kegubernuran Hindia Belanda yang sekarang menjadi Balaikota Malang. Awalnya taman ini hanya berbentuk lingkaran sederhana tanpa pagar dan tanpa tugu. Satu tahun setelah deklarasi kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945, diletakkanlah batu pertama pertanda dibangunnya monumen berupa Tugu Kemerdekaan oleh Soekarno dan A.G Suroto. Namun pada tahun 1948 di tengah Agresi Militer I oleh Belanda, monumen ini hancur karena penyerangan Belanda yang kesal atas kekalahannya. Untunglah lima tahun setelah kejadian tersebut, pemerintah move on dan membangun kembali Tugu Kemerdekaan yang (kembali) ditandatangani sebagai bentuk peremian oleh presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

                Tugu Kemerdekaan yang dapat kita saksikan saat ini merupakan hasil pembangunan kembali di tahun 1953 dengan bentuk yang meaningful. Seluruh aspek yang ada pada Tugu Kemerdekaan merupakan simbolisme kemerdekaan Indonesia. Puncak Tugu Kemerdekaan berbentuk bambu runcing sebagai simbol senjata yang digunakan oleh masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan untuk melawan Belanda. Selain itu juga terdapat rantai sebagai bentuk persatuan rakyat Indonesia yang erat. Tangga Tugu Kemerdekaan berbentuk 4 dan 5 sudut. Sedakan bintang memiliki 8 tingkat dan 17 pondasi. Angka-angka ini jika disatukan akan membentuk 17, 8 dan 45, yakni hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945. Tak hanya itu, bunga teratai yang menghiasi kolam di sekeliling tugu adalah teratai merah dan putih yang merepresentasikan warna bendera Indonesia.

                Selain dan kolam ada apa sih di Taman Tugu? Namanya jug ataman, tentu saja tempat ini dipenuhi oleh berbagai macam bunga dengan warna-warna yang akan menyegarkan pikiran dan mata Anda. Rumput yang hijau dan terawat dapat Anda jadikan tempat untuk bersantai sejenak menikmati sejuknya udara Malang. There are also pavement and benches for you to rest and enjoy the beauty of the garden. Anda tidak akan pernah bosan berkeliling Taman Tugu. Anda akan benar-benar dipukau dan dihipnotis oleh kombinasi kesejukan udara dan keindahan tamannya. Daripada dibayangkan, lebih baik segera tancap gas, kunjungi Taman Tugu dan rasakan pesonanya!

Tugu Malang

Address : Jl. Tugu
Telephone : n/a
Email : n/a
0 comments
See what other people say about this article.
Name*:
Email*:
Website:
Comment*: